20100209

Punya gitar listrik tua yg bertahun- tahun dah ngendon di gudang? Nih untuk tampil lebih fresh, why ga kita cat aja biar jadi “jreng”.




Kenapa gitar tua? Ya k
an kesempatan ni bisa dipake buat belajar nge-cat lebih baik, coz sapa tahu kita juga pengen memoles gitar andalan kita…(nah klo langsung pake gitar andalan, yak lo hasilnya bagus….hahahaha…klo ga????!!! Bisa berabe deh )...yuk bareng simak tips yang kubaca dari Hot chord. Bagi pemula di dunia per-cat-an, lebih baik latihan dulu pada sebilah papan kayu dan usahakan hasilnya sebaik mungkin seperti permukaan gitar yang masih baru. Mulus, mengkilat n cemerlang.
Nah tanpa basa – basi lets siapkan peralatan n bahan yang diperlukan :




PERALATAN

  1. Kertas gosok kasar, sedang dan halus.
  2. Obeng (+ and -) buat ngelepas baut- baut yg ada di gitar
  3. Serbet (bersih: untuk bersihkan kotoran ringan, serbet rada kummel: buat kotoran berat, sisa cat karat,dll)

BAHAN:
  1. Cat Jenis Duco => Macamnya banyak banget di toko cat, atau bisa menggunakan cat semprot kaleng (buat yang ga mau pakai kompresor). NB: cat kayu yg dijual di toko biasanya dipakai untuknpemakaian kuas, so hasilnya kurang mulus buat guitar, hindari pakai ini.
  2. Thinner => Macamnya juga banyak, sekedar info: biasanya lebih mahal, lebih cepet kering.
  3. Cat acrylic/ disebut dg cat clear/ bening
  4. Bahan dempul kayu dkk. Biasanya dilengkapi bahan pengeras.
  5. Peralatan pendempulan

CARA KERJA : Secara umum, untuk mengecat berbahan kayu, kita harus menutup pori2 tersebut dengan dempul. Tujuannya biar cat nggak ngeresap ke dalam pori2 tadi, malahan nempel di dempul sehingga pewarnaan jadi lebih maksimal.

PEMBONGKARAN: Bongkar semua hardware guitar & pisahkan antara body & neck guitar. (Awas…terima bongkar, nggak terima pasang loh, hahah). Catat semua hardware yang udah dibongkar, mulai dari jumla jenis baut and terutama bagian elektronikanya. Ato kita share ma tukang gitar so ada kesepakatan klo kita salah ngembaliin gitar sesuai semula, kita bisa minta tolong dia.

PENGGOSOKAN 1 Biasanya pada gitar yg dah tua, cat aslinya dah kusam n warnanya ga menarik, so buat hasil terbaik dengan warna yang baru, gosok/ hilangkan semua cat aslinya juga cat acrylic (lapisan bening). Agar hasilnya sempurna, kita gosok sampai kita bisa melihat serat2 kayu gitar kita.

PENDEMPULAN
Mulai dari proses ini, kita harus benar2 menguasai takniknya. Kuasai dulu cara mendempul yang baik, terutama memperhitungkrus aktu keringnya yang relatif tergantung seberapa banyak kita menambah bahan pengeras dempul. Setelah mengeras, dempul tidak akan bisa dipakai lagi. Buat campuran sedikit demi sedikit dan lapiskan secara merata bagian demi bagian hingga seluruh bagian tertutupi. Jangan memberi dempul terlalu tebal, yang penting pori2 atau serat kayu tertutup. Hasil pendempulan masih terlihat kasar.

PENGGOSOKAN TAHAP 2
Karena hasil pendempulan masih kasar, kali ini kita haluskan dengan kertas gosok. Awas, permukaan gosokan kali ini sangat menentukan hasil akhirnya.

PEMBERSIHAN

Pada dasarnya cat duco harus menempel pada dempulan tadi. Ga boleh ada partikel apapun diantaranya. Watch out! Ini termasuk pula debu, minyak, dll.

PENGECATAN WARNA DASAR

Ok! Lets paint….Persiapkan dulu tempatnya, usahakan jauh dari debu, tidak terkena panas matahari langsung tapi tetap ada aliran udara. Tutup bagian ruangan dengan koran biar nggak terkena cat. Mengecat biasanya dilakukan dengan berlapis 2 atau 3 kali. Masing2 lapisan diberikan tipis2 saja dan harus menunggu hingga kering sebelum ditumpuki lapisan berikutnya. Lapisan cat yang terlalu tebal akan membuat cat luruh atau menetes ke bawah dan merusak hasil cat. Hiiii............so Lakuin dengan penuh kesabaran yak.


PENGECATAN ACRYLIC ATO FINISHING

Ini adalah tahapan finishing, yang meskipun bisa dibilang cukup mudah, tapi kalo pengerjaannya kurang baik bisa dibilang hasil akhirpun jadi kurang baik.


PEMASANGAN HARDWARE

Kembalikan semua komponen2 yang telah dibongkar tadi seperti semula.


NAH PARA GITARIS SEKARANG BAKAL SEMANGAT LAGI NYENTUH N MAININ GITAR TUA YANG KINI KEMBALI MUDA.... Let’ play our music...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suarakan sambaranmu di sini...