20100602

-SCADA-

hihii....perasaan resoles petirnya dari dulu
melow2 mulu yach...
hari ini mumpung di luar hujan,
nehnik dikit yuk...so,
CEGEDOT ;p


SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) merupakan suatu system pengolahan data terintegrasi yang berfungsi mensupervisi mengendalikan dan mendapatkan data secara real time, sarana monitoring dan kontrol pada PC-Base.
System SCADA ini merupakan perpaduan dari peralatan Computer, Telekomunikasi data dan peralatan elektronik lainnya seperti RTU, IED dan lain-lain.
Aplikasi dan system SCADA adalah pada distribusi listrik, gas, irigasi dan transportasi. Dengan dukungan Local Area Network (LAN) membuat peralihan informasi diantara pemakai sangat mudah, dapat diakses secara bersamaan dalam menampilkan data untuk analisa jaringan.

SCADA (Supervisory Control and Data Aqcuisition) sistem, adalah sistem yang memungkinkankan pengguna/operator untuk melakukan:
1. Monitoring (pengawasan) 2. Controlling (pengendalian) 3. Data Aqcuisition (pengambilan dan perekaman data)
Ketiga fungsi di atas dapat dipenuhi dengan mewujudkannya dalam bentuk hardware maupun software.

Data aqcuisition adalah proses untuk mengumpulkan semua informasi (ex: system tenaga listrik) dari RTU ke control centre, merubah data – data yang diterima menjadi data – data rekayasa serta menyimpannya sebagai real time data base. SCADA digunakan untuk mengumpulkan informasi suatu jaringan dari sensor – sensor peralatan yang dikumpulkan menjadi suatu data / grafis sehingga memudahkan operator untuk mengevaluasi status suatu proses dan memutuskan tindakan yang dilakukan dengan cara mengirim sinyal balik untuk mengendalikan peralatan yang merupakan bagian dari jaringan. Salah satu contoh dalam pengelolaan tenaga listrik, fungsi dari system Scada dalam pengelolaan tenaga listrik adalah mengontrol dan memonitor peralatan-peralatan yang terpasang di lokasi lapangan secara real time dan dilakukan dari jarak jauh (tele informasi). Pemantauan dan pengendalian dilakukan dari ruang control.
Teleinformasi dimaksud terdiri dari : Telesinyal, Telemeter, dan Telecontrol.




Telesinyal : adalah pengiriman sinyal jarak jauh ( dari RTU ke ruang control). Sinyal yang dimaksud bisa berupa status / posisi dari PMT close atau open, Posisi dari PMS rack in atau rack out, informasi alarm dari relay proteksi yang bekerja dan lain sebagainya.

Telemeter : menggambarkan pengiriman nilai besaran (metering) jarak jauh ( dari RTU ke ruang control /master station). Seperi : besaran Ampere, daya active ( MW), daya reactive ( MVar), Tegangan, Frekuensi, dan lain-lain. Pemodulasian data pada sistem Telemetring dilakukan melalui saluran transmisi tegangan tinggi,

Telecontrol : adalah perintah yang dilakukan dari jarak jauh untuk merubah keadaan dari peralatan yang dikontrol atau setting suatu peralatan yang perintahnya
dikirim dari ruang control.




Sistem SCADA tidak dapat berdiri sendiri, namun harus didukung oleh berbagai macam infrastruktur, yaitu:
  1. Telekomunikasi
  2. Master Station
  3. Remote Terminal Unit
-to be continue-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suarakan sambaranmu di sini...